Pages

Tuesday, February 12, 2019

Pemkot Tambah Satu Unit Bus Sekolah Dan Berdayakan Angkot Untuk Angkutan Siswa Gratis Di Kota Blitar - Surya Malang

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar menambah satu unit bus sekolah  tahun ini. Satu unit bus sekolah itu merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Bantuan satu unit bus sekolah dari Kemenhub sudah datang. Sekarang masih persiapan untuk operasional," kata Kepala Dishub Kota Blitar, Priyo Suhartono, Selasa (12/2/2019).

Dengan tambahan satu unit berarti jumlah bus sekolah di Kota Blitar ada delapan unit. Sebelumnya, Kota Blitar sudah memiliki tujuh unit bus sekolah. Tujuh unit bus sekolah itu sudah dioperasionalkan. Saat ini, Dishub masih mengurus surat-surat kendaraan dan menyiapkan awak bus sekolah.

Priyo mengatakan, bus sekolah gratis ini merupakan upaya Pemkot Blitar mengurangi kemacetan dan penggunaan kendaraan pribadi di Kota Blitar. Selain itu, bus sekolah juga dapat membantu meringankan beban orangtua mengantar anaknya ke sekolah. Penambahan bus sekolah juga untuk mengatasi masalah overload penumpang bus sekolah.

"Kami berharap keberadaan bus sekolah dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di jam-jam pulang sekolah. Selain itu, bus sekolah juga dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang dilakukan pelajar," ujarnya.

Selain bus sekolah, Dishub Kota Blitar juga akan memberdayakan angkutan kota (angkot) untuk membantu pelayanan angkutan umum gratis untuk siswa. Ada 11 unit angkot yang akan diberdayakan untuk angkutan siswa. Rinciannya, tujuh unit angkot untuk angkutan siswa umum dan empat unit angkot untuk angkutan siswa disabilitas.

Pemkot Blitar memberi subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan memberikan honor ke para sopir angkot. Selama ini, kondisi angkot di Kota Blitar sepi penumpang. Akhirnya, Pemkot Blitar memanfaatkan angkot untuk angkutan siswa.

"Kami juga memberdayakan angkot untuk angkutan siswa gratis. Rencananya, launching angkot untuk angkutan pelajar dan satu unit bus sekolah kami laksanakan awal April 2019," tutur Priyo. 

Let's block ads! (Why?)

Baca lanjutan nya buka link di samping http://suryamalang.tribunnews.com/2019/02/12/pemkot-tambah-satu-unit-bus-sekolah-dan-berdayakan-angkot-untuk-angkutan-siswa-gratis-di-kota-blitar

No comments:

Post a Comment