Pages

Monday, December 23, 2019

Dishub Ciamis Tertibkan Angkutan Umum di Terminal Bayangan - Harapan Rakyat

angkutan umum di terminal bayangan
Razia gabungan Dishub, Satpol PP dan Polres Ciamis, Senin (23/12/2019). Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Ciamis, beserta Satlantas Polres Ciamis menindak tegas angkutan umum yang masih bandel ngetem di simpang empat Pasar Manis.

Saking seringnya simpang empat Pasar Manis dijadikan tempat ngetem angkutan umum, lokasi tersebut bahkan dikenal sebagai terminal bayangan.

“Untuk mempelancar arus lalu lintas menjelang natal dan tahun baru, kami Dinas Perhubungan bekerjasama dengan  Satlantas Polres akan menindak mobil umum yang ngetem di terminal bayangan,” tegas Kepala Dishub Ciamis, Endang Sutrisna saat menggelar penertiban parkir liar dan terminal bayangan di Simpang Empat Pasar Manis, Senin (23/12/2019).

Endang menerangkan, sebelumnya pihak Dishub sudah melakukan sosialialisasi. Sosialisasi dilakukan selama hampir 4 bulan menjelang Natal dan Tahun Baru tahun 2019.

“Bahkan kami memberikan toleransi sebelumnya, bagi elf atau angkutan umum yang menunggu penumpang diberikan waktu 5 menit,” jelasnya.

Namun rupanya sosialisasi yang dilakukan Dishub Ciamis tidak membuahkan hasil. Supir angkutan umum di terminal bayangan seperti elf, masih saja ada yang ngetem lama untuk menunggu penumpang di simpang empat Pasar Manis.

Hal ini sudah banyak dikeluhkan oleh masyarakat, terutama pengguna jalan dan pemilik toko yang merasa dirugikan oleh kehadiran angkutan umum di terminal bayangan tersebut.

“Melihat peningkatan mobilitas kendaraan yang semakin banyak dan menjadi faktor penyebab kemacetan, maka kami hari ini  melakukan penindakan langsung,” katanya.

Saat razia, Dishub Ciamis mendapati 15 angkutan umum yang saat diperiksa izin trayeknya kadaluarsa. Bahkan ada juga supir angkutan umum yang SIM-nya sudah tidak berlaku

“Untuk kelayakan kendaraan menjelang Natal dan Tahun Baru, saat kami periksa memang masih layak untuk digunakan akan tetapi kekurangannya hanya di administrasi, sehingga harus segera dibenahi,” terangnya.

Endang menambahkan, rencananya Dishub Ciamis juga akan segera menggandeng Satpol PP untuk menertibkan para pedagang kaki lima yang menyerobot bahu jalan.

“Secepatnya kami akan segera menertibkan para pedagang kaki lima sehingga tidak mengganggu para pengguna jalan,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)

Baca lanjutan nya buka link di samping https://www.harapanrakyat.com/2019/12/dishub-ciamis-tertibkan-angkutan-umum-di-terminal-bayangan/

No comments:

Post a Comment