Pages

Saturday, December 15, 2018

Dishub Ramcek Semua Angkutan Umum - Bontang Post

PROKAL.CO, SAMARINDA – Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim secara berkala mulai melakukan proses pengecekan kendaraan atau ramcek setiap angkutan umum. Baik yang beroperasi di dalam Kota Samarinda maupun yang melayani antar kabupaten/kota.

Tindakan itu diambil Dishub dalam rangka memastikan kesiapan dan kelaikan setiap angkutan umum. Yang akan melayani arus mudik maupun balik pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, upaya tersebut diambil Dishub sebagai upaya pencegahan dini terhadap kecelakaan yang diakibatkan karena masalah teknis kendaraan. Ramcek itu terdiri atas pengujian KIR maupun uji emisi.

Kepala Dishub Kaltim, Salman Lumoindong mengatakan, jajarannya telah bekarja sama dengan semua pemerintah kabupaten/kota dan pihak kepolisian. Untuk sama-sama mengawal jalannya arus mudik dan balik libur Natal serta Tahun Baru.

“Yang paling pertama kami lakukan yakni ramcek dahulu semua angkutan umum. Kami cek administrasi dan fisik kendaraan. Kami sudah mulai itu sejak minggu lalu, sudah mulai ramcek. Di terminal dan tempat-tempat tertentu,” kata dia, Jumat (14/12) kemarin.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru, Dishub Kaltim telah memiliki banyak CCTV. Baik yang dipasang di kabupaten/kota maupun di ibu kota provinsi yakni Samarinda.

“Dari CCTV itu, kami akan terus melakukan monitor untuk memantau titik-titik yang mengalami kemacetan dan kerawanan. Dari situ kami bisa melakukan upaya antisipasi,” sebutnya.

Pemantauan hilir mudik kendaraan yang masuk dan keluar di Samarinda, nantinya akan terpusat di kantor Dishub Kaltim. Pasalnya semua CCTV yang terpasang di jalan-jalan protokol di Samarinda telah terkoneksi melalui monitor utama di Dishub Kaltim.

“Kalau mau mengecek, itu sudah tersedia di Dishub. Dari semua titik CCTV yang terpasang di Samarinda, itu sudah bisa dimonitor semua,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk titik-titik yang dinilai rawan kemacetan, nantinya akan dilakukan upaya rekayasa lalu lintas. Sehingga bisa membantu mengurai kemacetan dan membantu masyarakat yang bepergian pada libur Natal dan Tahun Baru.

“Tentu upaya rekayasa arus lalu lintas tetap akan kami lakukan juga dengan teman-teman kepolisian. Khususnya di titik-titik yang selama ini rawan macet,” tegasnya. (drh)

Let's block ads! (Why?)

Baca lanjutan nya buka link di samping http://bontang.prokal.co/read/news/23212-dishub-ramcek-semua-angkutan-umum.html

1 comment: