FUKUOKA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu negara maju di dunia, Jepang dapat dikatakan memiliki sistem tranportasi publik terbaik. Terutama transportasi berbasis rel alias kereta.
Interkoneksi antarmoda menjadi salah satu isu penting dalam menunjang keberhasilan Negeri Matahari Terbit ini dalam membangun jaringan kereta mereka.
Berdasarkan data Asosiasi Kereta Api Swasta Jepang, setidaknya terdapat 216 perusahaan kereta yang beroperasi saat ini.
Jumlah tersebut terdiri atas enam Japan Railway (JR) yang dulu merupakan perusahaan kereta api nasional, 16 perusahaan kereta swasta utama, 183 perusahaan kereta swasta daerah, dan 11 perusahaan kereta umum.
Baca juga: Jepang Ajak Uber dan Boeing Kembangkan Mobil Terbang
Dari total 126,8 juta penduduk Jepang berdasarkan sensus 2017, hanya 19,7 persen di antaranya yang memilih menggunakan mobil sebagai moda transportasi sehari-hari.
Sementara 79,7 persen menggunakan kereta sebagai transportasi penunjang mobilitas harian.
Lantas, bagaimana pemerintah Jepang 'memaksa' masyarakatnya untuk mengunakan transportasi publik?
Director General Manager Sales Departement/Real Estate Transaction Specialist JR Hakata City Yusuke Nigo menuturkan, ada resep jitu memaksa masyrakat beralih ke angkutan umum.
Pertama mereka dikondisikan tidak mudah memiliki kendaraan pribadi.
Untuk mendapatkan sebuah mobil, misalnya, harga yang harus ditebus masyarakat cukup mahal. Kendati Jepang dikenal baik sebagai 'rumah' bagi aneka produsen merek mobil ternama di dunia.
Kondisi tersebut juga didukung dengan mahalnya tarif parkir, pajak kendaraan, serta harga bensin.
"Jadi, seolah-olah sudah alamiah mereka harus naik kereta," kata Nigo.
Kondisi ini tentu sedikit berbeda dengan Indonesia yang harga bensin dan tarif pajak kendaraannya masih relatif terjangkau.
Demikian pula dengan tarif parkir yang dikenakan pengelola gedung yang relatif murah, sehingga penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor terus menjamur.
Hal lain yang tak kalah penting, ucap Nigo, yakni kecakapan dari masing-masing perusahaan kereta Jepang dalam menghadirkan sistem perkeretaapian yang nyaman bagi masyarakat.
Hal itu pun dirasakan Kompas.com saat menyambangi Jepang beberapa waktu lalu. Setiap pengelola seakan berlomba-lomba menghadirkan stasiun yang nyaman, bersih, dan teratur.
Selain itu, kereta pun selalu datang tepat waktu.
Dengan demikian, meski jumlah penumpang banyak, mereka tidak perlu khawatir harus menunggu dalam jangka waktu lama. Pasalnya, sudah dapat dipastikan setiap 3-5 menit sekali kereta akan tiba.
"Yang dapat dilakukan operator adalah meningkatkan frekuensi operasi, harus tepat waktu dan membuat naik kereta yang nyaman dan mudah," kata Nigo.
General Affair Asosiasi Operator Railway Swasta Jepang Ochi Mashimaro menuturkan, tingkat kepadatan penumpang di berbagai perusahaan kereta swasta utama, terutama di kota besar, telah menurun tajam.
Hal itu berkat upaya peningkatan kapasitas transportasi melalui pembangunan jalur baru, penambahan jalur kereta, pembaharuan kereta, perbaikan stasiun, hingga pengaturan jaringan operasional yang terlalu padat.
Bahkan, beberapa perusahaan kereta juga memperomosikan penggunaan smart phone guna mengetahui kondisi kereta yang penuh serta menunjukkan kereta yang kosong.
"Selain itu agar para orang tua, penyandang cacat, ibu hamil dan orang terluka dapat duduk, dilakukan sosialisasi melalui poster dan lain-lain mengenai kursi prioritas di sebagian tempat duduk di dalam kereta," ungkap Mashimaro.
Koordinasi dengan pemerintah daerah juga dilakukan perusahaan kereta untuk menyediakan akses jalan dan jalur pedestrian yang nyaman bagi para pejalan kaki.
Di samping juga dalam hal pembangunan gedung-gedung parkir di sekitar lokasi stasiun. Sehingga, bila ada masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi, mereka dapat memarkirkannya di gedung parkir yang tersedia. Kemudian, mereka beralih menggunakan kereta.
Sementara, untuk masyarakat yang lokasi rumahnya cukup jauh dari stasiun, dapat menggunakan bus sebagai feeder menuju stasiun.
Bahkan, di beberapa lokasi seperti di Fukuoka, terdapat jalur prioritas yang dikhususkan bagi bus.
Pada jam-jam sibuk, jalur tersebut tidak boleh dilalui kendaraan pribadi. Sehingga, meski dalam kondisi macet sekalipun, jalur tersebut tetap kosong, dan memudahkan masyarakat yang menggunakan bus untuk melewatinya.
Di jalur dan di dalam bus itu terdapat alat detektor yang memancarkan sinyal. Alat tersebut dipasang oleh pihak kepolisian.
"Ketika ada bus lewat dalam jarak tertentu dan ada mobil di dekatnya, maka akan diminta minggir oleh aparat kepolisian melalui pengeras suara," kata Manager Marketing Planning Department Bus Transportation Headquarters Nishi-Nippon Railroad Co. Ltd Tsuyoshi Kumai.
Baca lanjutan nya buka link di samping https://properti.kompas.com/read/2018/12/03/111111721/cara-jepang-paksa-warga-naik-angkutan-umum
No comments:
Post a Comment