Pages

Wednesday, April 24, 2019

Titik Rawan Jadi Perhatian Ekstra PT KAI Jelang Angkutan Lebaran - detikNews

Madiun - Menjelang angkutan Lebaran 2019, PT KAI melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di pulau Jawa. Dengan menggunakan kereta khusus, yaitu KA Inspeksi Direktur SDM dan Umum R.Ruli Adi memantau kesiapan wilayah Daop 7 Madiun.

"Kegiatan inspeksi ini untuk melihat sejauh mana kesiapan moda kereta api dalam menghadapi angkutan Lebaran tahun ini. Mulai dari kesiapan jalur, stasiun, pelayanan, hingga SDM KAI harus benar-benar dipastikan siap dalam melayani penumpang pada masa angkutan lebaran 2019 nanti," ujar Ruli kepada wartawan saat di Stasiun Besar Kota Madiun, Rabu (24/4/2019).

Tidak hanya itu, dalam perjalanan KA inspeksi ini, juga melakukan identifikasi akan titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra. Hal Ini, lanjut Ruli, mengingat arus perjalanan kereta api semakin banyak saat momen Lebaran 2019.

"Kita selaku waspada titik rawan yang daerah banjir, tanah longsor, hingga pelemparan dan vandalisme. Saya meminta kepada seluruh pegawai KAI agar memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, khususnya selama momen Lebaran 2019," ujarnya.


Ruli mengungkapkan, pihaknya akan menyiagakan Petugas Pemeriksa Jalur tambahan, Penjaga Jalan Lintasan Tambahan, serta Petugas Pengamanan tambahan yang bekerjasama dengan TNI-Polri. KAI juga menyediakan alat serta material yang ditempatkan di titik-titik tertentu sehingga jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

"Inspeksi ini dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada 23 hingga 25 April 2019. Terdapat dua KA Inspeksi yang perjalanan keduanya dimulai dari Stasiun Gambir. KA Inspeksi Generasi 3, yang akan menuju Stasiun Bandung, Purwokerto, Tegal, Semarang, Solo, Madiun, Blitar, Malang hingga Stasiun Gubeng Surabaya melalui jalur Lintas selatan jawa," lanjutnya.

Sedangkan untuk Lintas Utara Jawa akan menggunakan KA Inspeksi Generasi 2 yang akan menuju Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember, hingga Stasiun Banyuwangi. Tahun ini, KAI menetapkan masa angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019. PT KAI menyiapkan 406 perjalanan selama angkutan Lebaran 2019. Angka tersebut sudah termasuk 50 perjalanan KA Lebaran Tambahan.


"Melalui persiapan yang matang, kita harapkan moda transportasi KA selama masa angkutan lebaran 2019 ini dapat berjalan dengan aman, lancar, dan terkendali," tegas Ruli.

Pantauan detikcom rombongan menggunakan rangkaian Kereta Inspeksi 3, turut serta dalam inspeksi tersebut rombongan Komisaris yakni (Riza Primadi, Pungky Sumadi, Freddy Harris), Direktur pengelolahan sarana Azahari, direkur Logistik Dan pengembangan Bambang Eko Martono, Direktur managemen Aset dan TI Herfini Haryono.

Tampak pula sekretaris direktorat Jenderal Perkeretaapian Danto Restyawan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjenka kemenhub Zulmafendi, Suprapto Investigator KA KNKT (komite nasional keselamatan transportasi).
(fat/iwd)

Let's block ads! (Why?)

Baca lanjutan nya buka link di samping https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4523587/titik-rawan-jadi-perhatian-ekstra-pt-kai-jelang-angkutan-lebaran

No comments:

Post a Comment